Open top menu
Senin, 01 Desember 2014

   


    Banyak orang berpendapat bahwa salah satu penyebab terbesar rusaknya bumi adalah Industri Pertambangan. "Hutan digunduli, populasi hewan disikat habis , bahkan laut dikeruk untuk mendapatkan uang yang banyak" inilah pandangan yang keliru sebagian besar penduduk masa kini, khususnya masyarakat awam. kali ini saya sebagai calon sarjana pertambangan ( AMIN )  akan memberikan bagaimana sebenarnya gambaran Industri Pertambangan sehingga kami yakin bahwa kami bukanlah pengrusak bumi. 

        Pertambangan adalah suatu ragkaian kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pencarian, penyelidikan, penambangan , pengolahan , penjualan mineral-mineral dan batuan yang memiliki arti ekonomis (menguntungkan). Adapun tugas dari seorang ahli pertambangan adalah mencari , membebaskan dan mengambil mineral-mineral berharga dari batuan induknya kemudian dibawa ke permukaan untuk dimanfaatkan. Lanjut pada tahap-tahap pertambangan yaitu, prospecting,exploration,evaluation,mine plant design dan finance,development,exploation,reclamation. 

   Mengapa kami  mengatakan kami bukan pengrusak bumi ???, karena di tahap akhir kegiatan penambangan kami melakukan yang namanya Reklamasi. Reklamasi adalah kegiatan untuk memulihkan kembali bekas lahan/mining area yang telah rusak akibat kegiatan penambangan. Ketika mereka tidak melakukan Reklamasi, mereka itu bukan PENAMBANG melainkan perusak . Jadi kami berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memulihkan bekas lahan yang telah rusak agar dapat berungsi seperti semula bahkan mempunyai nilai lebih. Walaupun tidak dapat dipungkiri, banyak pengusaha pertambangan yang tidak melakukan reklamasi (ilegal mining). Hal ini disebabkan karena mereka tidak tahu atau tidak mau menghabiskan uang untuk reklamasi hanya untuk biaya reklamasi, karena biaya untuk reklamasi  itu sangat besar, sampai milyaran. Mereka bukanlah PENAMBANG tapi mereka itu perusak. 

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk reklamasi yaitu :

1. Bekas pit ( Lubang ) dijadikan sebagai danau,sumber pembangkit listrik ,tambak dan sumber air besih. sangat membantu masyarakat sekitar untuk membatu mendapatkan air bersih dan ikan untuk dikonsumsi sehari-hari serta mendapatkan listrik gratis dari perusahaan tambang.


2. Reboisasi atau penanaman pohon. Sebelum melakukan kegiatan penambangan, tumbuhan dan hewan endemik diselamatkan dan setelah reklamasi selesai,barulah dilepas kembali ke tempat asalnya. Salah satu perusahaan berhasil melakukan menata sedemikian rupa hutan yang biasa-biasa saja menjadi hutan lindung setelah dilakukannya reklamasi.


3. Restoran bawah tanah. Tambang bawah tanah disulap menjadi restoran yang sangat romantis karena berada beratus-ratus meter di bawah permuakaan tanah. 


4. Hotel berbintang 5 . Di shanghai, bekas pit (lubang besar) tambang direklamasi dan dijadikan sebagai hotel berbintang 5 dengan pemandangan dari jendela kamar sangat indah dan dengan fasilitias yang sangat lengkap. Berdasarkan informasi dari liputan6.com hotel ini akan dibuka tahun 2015 dengan jumlah pengeluaran pembanngunan hotel sebesar Rp5,6 triliun.


5. Tempat wisata. Bekas lahan pertambangan di daerah sorowako (PT vale) dijadikan sebagai kolam mandi gratis, di daerah sawahluto museum atau galeri pertambangan,road race standar nasional,wisata air,gelanggang pacuan kuda, dan waterboom.

   
    Sebenarnya masih banyak cara untuk melakukan reklamasi, yang terpenting bahwa usaha pertambangan sekarang sudah tidak seperti yang dulu lagi, sekarang  untuk mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP)
semakin ketat, mulai dari laporan eksplorasi,study kelayakan,AMDAL(Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan terakhir JAMINAN REKLAMASI. Bagaimana kalau habis tambang pemilik perusahaan pertambangan langsung kabur ??? sebelum melakukan kegiatan penambangan, pemilik perusahaan akan membayar jaminan reklamasi yang disesuaikan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi lahan atau mengubah fungsi lahan bekas tambang dan jumlahnya tidak sedikit, milyaran. 

    Pertambangan merupakan salah satu penyumbang terbesar untuk kas negara dan juga HARUS DIINGAT BAHWA INDUSTRI PERTAMBANGAN TIDAK MERUSAK TETAPI MERUBAH BENTANG ALAM, YANG TADINYA HANYA LAHAN TANDUS ATAU GUNUNG BERBATU,DIUBAH MENJADI DANAU,SUMBER PEMBANGKIT LISTRI DAN LAIN-LAIN. Ketika menghapus industri pertambangan maka mobil,motor,pesawat,listrik,rumah modern,hp,internet,tv dan masih banyak lainnya akan HILANG. Mengapa ? karena bahan dasar dari benda diatas diambil dari tambang, seperti mobil yang terbuat dari besi,nikel,platinum, mineral tersebut hanya didapatkan ketika kita menggali jauh ke bawah permukaan. contoh lain,  Internet memerlukan perangkat elektronik ,dimana perangkat elektronik bahan dasarnya adalah tembaga,nikel,besi dan logam lainnya, sekali lagi, kita hanya bisa mendapatkan semua itu ketika mengubah bentang alam. MENUTUP INDUSTRI PERTAMBANGAN BERARTI KEMBALI KE KEHIDUPAN KONVENSIONAL DIMANA SEGALA AKTIVITAS DILAKUKAN DENGAN BERAT,SECARA MANUAL DAN MEMBUTUHKAN WAKTU YANG LAMA. Industri pertambangan merupakan indutri yang memoderenkan manusia,bukan perusak.  

 Apakah anda sanggup tanpa adanya industri pertambangan ??? pikirkan dan renungkan kembali !!!








Referensi :









Tagged
Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar